Mengenal Git

Jika anda browsing tentang apa itu git maka anda akan mendapatkan definisi yang sama, yakni Source Control Manager (SCM). Well, definisi tersebut tidak cukup untuk membuat Anda mengerti bukan?

Git itu bukanlah sebuah bahasa seperti halnya HTML,CSS atau Js bukan pula sebuah konsep atau aturan baku dalam pemrograman, melainkan sebuah software yang berfungsi untuk mengatur source code dari aplikasi yang sedang anda buat.

Fungsi utamanya adalah untuk mengatur versi dari source code anda, menambahkan tanda/checkpoint ketika terjadi perubahan pada kode Anda dan tentunya akan mempermudah Anda untuk tetap mengetahui apa saja yang berubah dari source code Anda.

Pembuat

Dibangun oleh Linus Torvald, orang yang sama dibalik Linux, Awalnya git ini dibuat untuk mengatur kode kernel Linux. Sebelumnya beliau mencari aplikasi SCM yang telah ada namun menurutnya tidak ada SCM yang dapat bekerja dengan cepat dan efisien.

Instalasi

Git dapat berjalan dikomputer anda dengan menginstallnya terlebih dahulu. Anda dapat mendownload installer Git di situs http://git-scm.com/

Saya tidak akan menjelaskan cara menginstallnya karena proses instalasi ini tidak berbeda jauh dengan proses instalasi aplikasi lainnya.

Git Init

Agar projek kita dapat diatur oleh git, maka kita perlu melakukan inisiasi git terlebih dahulu, caranya dengan mengetikkan perintah :

git init

Perintah tersebut akan membuat folder .git dan didalamnya berisi file-file yang akan digunakan oleh Git untuk mengatur dan mengontrol project kita.

Git Add

Jika anda mengetikkan kembali perintah git status maka yang anda dapatkan kurang lebih seperti berikut :

On branch master
	
Initial commit

Untracked files:
  (use "git add ..." to include in what will be committed)

	index.html

nothing added to commit but untracked files present (use "git add" to track)

Dari informasi diatas kita mendapatkan informasi bahwa Anda file baru yang belum terlacak. Kita perlu menambahkan file tersebut ke dalam git agar dapat dilacak perubahan-perubahan yang terjadi. Untuk itu anda dapat mengetikkan perintah:

git add index.html

Dengan demikian anda telah menambahkan file index.html kedalam git agar bisa dimonitor/diawasi nantinya. Dan jika anda kembali mengetikkan git status yang akan anda dapatkan adalah:

Changes to be committed:
	(use "git rm --cached ..." to unstage)

	new file:   index.html

Git Commit

Anda telah menambahkan file baru, namun anda belum melakukan commit. Oke, kembali ke contoh kasus dalam pembuka artikel ini, commit merupakan istilah untuk menandai terhadap perubahan yang telah anda lakukan, dalam contoh sebelumnya kita menandainya dengan tanggal dan keterangan singkat. Nah untuk menandai setiap perubahan yang telah anda lakukan dan anda ingin agar git mengingatnya Anda harus melakukan commit terlebih dahulu. Untuk melakukan commit ketikkan perintah berikut:

git commit -m "Added index.html"

Tutorial Interaktif

Agar lebih mudah memahami git, coba tutorial interaktif dari codeschool yang dihosting di github https://try.github.io/. Disana anda bisa belajar sekaligus mempraktekkannya langsung.

 

Source :

http://www.ariona.net/belajar-git-yuk/

http://github.com/



Leave a comment

Filed under Thread & Record

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s